10 Hal Utama yang Harus Anda Siapkan Sebelum Umroh

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 09 Juli 2024, 17:01:25

Untuk Anda yang pertama kali akan melaksanakan umrah, Anda pasti bingung apa saja hal yang harus Anda persiapkan sebelum ibadah umrah. Mulai dari dokumen, pendaftaran, barang-barang, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, karena apabila ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda bisa jadi tidak bisa tenang beribadah umrah di tanah suci.

Nah, sebagai visualisasi apa yang wajib Anda siapkan sebelum berangkat umrah, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini hingga selesai.

Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus diketahui adalah umrah sama halnya dengan ibadah Haji, yakni rukun-rukunnya memerlukan kebugaran jasmani yang kuat. Maka dari itu, jamaah yang hendak berangkat umrah setidaknya harus ada persiapan satu bulan sebelumnya untuk menyiapkan fisik yang kuat supaya ibadah umrahnya berjalan lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta mengkonsumsi suplemen seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa mulai merutinkan berolahraga, seperti lari pagi, senam, atau olahraga lainnya. Dengan bekal tubuh yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di Baitullah.

Persiapan Rohani

Selain jasmani yang prima, Anda juga harus mempersiapkan ruhani Anda agar dapat benar-benar khusyu’ dalam melakukan ibadah umrah. Umrah membutuhkan niat yang tulus ibadah karena Allah SWT, serta keikhlasan dari hati. Sebab bagi seorang muslim yang menjalankan umroh berarti harus meninggalkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk sementara. Selain itu, Anda juga harus mengeluarkan sejumlah dana yang harus dibayarkan melalui biro travel umrah yang Anda pilih.

Persiapan Dokumen

Dokumen yang wajib dipersiapkan sebelum umrah diantaranya KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, surat vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat yang digunakan, tanda terima pemesanan tempat menginap, tanda bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang Bawaan

Nah, ini adalah pokok persiapan yang harus diperhatikan. Sebaiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper untuk membawa barang bawaan Anda. sebuah koper berukuran besar, satu tas jinjing, dan sebuah tas berukuran kecil. Masing-masing bisa diisi dengan barang sesuai kebutuhan. Misal untuk pakaian masuk koper, tas jinjing untuk membawa alat-alat mandi, obat-obatan dan dokumen, sedangkan tas berukuran kecil untuk membawa kelengkapan identitas, tisu, lotion, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini kadang terlupakan, padahal sebenarnya ini adalah langkah yang cukup penting untuk dilakukan. Sama halnya saat kita akan melaksanakan suatu ibadah, kita wajib mengetahui syarat sahnya, apa saja rukunnya, urut-urutannya agar tertib, apa saja aturannya, dan doa yang harus dibaca. Anda dapat mencari referensinya yaitu dengan membaca buku umrah, mencari tentang ibadah umrah, dan sharing dengan orang yang pernah melaksanakan umrah.

Memilih Biro Travel Umroh yang Terpercaya

Ada baiknya, Anda memilih biro jasa travel umrah yang terpercaya. Anda bisa memastikannya dengan cara melihat testimoni pengguna jasa yang telah diberangkatkan, juga membaca profil serta riwayat biro travel umroh tersebut. Jika travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi untuk umrah sehingga layanan mereka dapat Anda pantau melalui online, misalnya dengan mengunjungi web, mendapat pemberitahuan surat elektronik dan SMS untuk kelanjutan pendaftaran Anda, dan seterusnya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Jika Anda memiliki riwayat kesehatan yang kurang baik, memiliki alergi khusus, dan memerlukan konsumsi obat-obatan yang tidak umum, Anda perlu membawa obat-obatan khusus yang harus Anda bawa saat pelaksanaan ibadah umrah. Selain itu, obat yang umum seperti P3K dan minyak gosok, juga bisa Anda bawa secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Spesifik Wanita/Pria

Barang-barang spesifik wanita banyak macamnya, seperti pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, kerudung, jarum pentul, inner hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa kain ganti dan juga baju cadangan ihram yang nyaman. 

Menyiapkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Umrah

Saat umrah, biasanya ada banyak doa yang ingin Anda panjatkan. Ada pula doa titipan dari kerabat dan juga teman. Agar tidak lupa, siapkan kertas khusus doa, agar Anda ingat dan tidak terlewat saat memanjatkan doa di lokasi yang mustajab.

Persiapan Suplemen Tambahan untuk Menjaga Stamina dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali menjaga stamina saat mrelakukan ibadah umrah. Anda bisa memasukkannya dalam daftar barang bawaan, masukkan di tas kecil sehingga Anda dapat meminumnya saat diperlukan.

Nah, itulah 10 hal yang harus Anda persiapkan sebelum umrah. Bicarakan dengan biro travel umrah Anda serta ustad pemandu apa yang harus dan tidak perlu dipersiapkan. Semoga membantu!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id